Berikut ini adalah tips untuk membuat proposal sponsor agar dapat menjadi
tools yang tangguh untuk mendapatkan kontrak kerjasama dengan perusahaan.
Penggalangan dana
melalui donasi atau sponsorship sudah menjadi sebuah cara yang cukup digemari
diantara organisasi
kampus. Karena memang usaha ini membutuhkan effort sedikit dari segi
waktu, tenaga, dan SDM. Hanya dengan bermodalkan proposal, lalu membuat list
perusahaan, menghubungi dan membuat janji, lalu negosiasi dan ditandatanganilah
kontrak kerjasama, lalu 1 pekan kemudian dana sponsor sudah di rekening Anda. Memang tak mudah sich, tapi ini mungkin adalah pengalaman
saya dalam menggaet sponsor.
Dua kunci utama
dalam mengaet sponsor adalah tools dan communication. Ya, alat yang digunakan dalam hal ini
proposal dan perangkat pendukungnya, serta kemampuan komunikasi yakni
meyakinkan diri dan pihak sponsor bahwa produk atau acara yang Anda ajukan
adalah hal yang menguntungkan.
Pada bagian ini
saya akan menjawab dan memaparkan dari segi tools saja, untuk kunci
kedua atau komunikasi akan saya coba bahas pada kesempatan lain. Proposal, jika
mendengar kata ini apa yang akan Anda pikirkan pertama kali ? kumpulan kertas, uang, kontrak, kegiatan, atau apa ? Anda boleh berpikir apapun tentang proposal, tapi saya mempunyai
pandangan tersendiri mengenai proposal, dan saya harap Anda bisa mengikuti
terlebih dahulu pola pikir saya. Proposal adalah media, penghubung
antara satu pihak dengan pihak lain. inilah fungsi utama proposal, ialah yang
akan mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan yang akan kita sampaikan kepada
pihak sponsor. Jika salah mengemas media ini, maka akan berdampak kontraproduktif terhadap hasil
yang diharapkan.
Coba bayangkan
diri Anda seorang CEO atau Direktur Pemasaran dari sebuah perusahaan. Dimana
Anda duduk di sebuah kursi empuk dalam ruangan khusus Anda. Didepan Anda ada
meja kerja yang dilengkapi dengan komputer dan disisi lain ada tumpukan kertas
yang bukan lain adalah tumpukan proposal pengajuan kerjasama yang perlu Anda
pelajari dan diambil keputusan, mana yang akan ditindaklanjuti. Dalam kondisi
ini, kira-kira proposal seperti apa yang akan Anda ambil dari puluhan proposal
yang ada ? “proposal yang menarik”, “proposal yang unik”, dan “proposal yang
tipis”. Tiga jawaban ini yang saya dapat dari beberapa kali diskusi dengan
bagian pemasaran sebuah perusahaan.
Peran proposal
adalah sampai pada perusahaan tertentu yang diajukan proposal oleh Anda
merespon dan menindaklanjuti pengajuan Anda. Walau ada tahap ini belum ada
kesepakatan yang dibuat, tapi yakinlah, ini adalah 50% dari langkah Anda
mencapai sebuah kesepakatan kontrak kerjasama. Saya akan menyampaikan pandangan
saya dalam dua bagian. Bagian pertama terkait isi proposal dan bagian kedua
terkait pengemasan proposal.
Isi Proposal
Membuat proposal
untuk sponsorship berbeda dengan proposal pada umumnya. Pada proposal biasa,
kita menuliskan banyak hal dalam proposal tersebut. Disusun dengan rangkaian
kata yang indah, dan menghasilkan proposal yang sangat tebal. Ini sangat
bertentangan dengan kebutuhan pihak perusahaan yang lebih memilih proposal yang
tipis dan to the point. Oleh karena itu isi dari proposal bisa dibatasi menjadi beberapa hal
dengan tampilan isi yang disesuaikan.
Pendahulan
Berisikan dalil
pendahuluan untuk mencitrakan bahwa proposal berasal dari lembaga dakwah. Lalu
dilanjutkan dengan latar belakang kegiatan dan alasan yang mendasari mengapa
kegiatan berlangsung. Serta sedikit profil lembaga Anda. Pada bagian ini
maksimal terdiri dari 3 paragraf.
Tujuan
Berisikan tujuan
mengapa sebuah kegiatan diadakan. Maksimal 1 paragraf.
General Information
Berisikan
informasi umum yang perlu diketahui oleh pihak perusahaan terkait kegiatan yang
diajukan. Terdiri dari tempat dan waktu kegiatan, sasaran kegiatan dan target
peserta kegiatan.
Acara
Berisikan
acara-acara yang akan ada dalam kegiatan yang diajukan. Sebagai contoh untuk
kegiatan Try Out SPMB.
———————-Acara————————-
Super Try Out
Training
Games
Bazaar
Talkshow
Doorprize
Pengisi Acara
Menyebutkan siapa
saja yang akan menjadi pengisi acara yang ada. Baik itu, MC, pemateri,
narasumber, tokoh, artis atau mungkin pejabat publik.
Anggaran
Anggaran tidak
perlu ditampilkan secara mendetail hingga berapa jumlah selotip yang akan
digunakan beserta harganya. Cukup tampilkan hal-hal umum saja yang sudah di
akumulasikan. Sebagai contoh;
———-Anggaran———-
VENUE Rp. 30.000.000
PRODUKSI Rp. 20.000.000
KONSUMSI Rp. 5.000.000
PUBLIKASI Rp. 15.000.000
TRANSPORTASI Rp. 5.000.000
PERLENGKAPAN Rp. 10.000.000
ADMINISTRASI Rp. 2.000.000
Total Rp. 92.000.000
Kategori Sponsor
Kategori sponsor
jangan ditampilkan dalam bentuk tulisan panjang dengan penjelasan yang
berkepanjangan. Tampilkan dalam bentuk tabel yang mudah untuk dibaca dan
dipahami. Berikut contohnya;
———–Kategori
Sponsor———–
Kontrapertasi
|
Platinum
|
Gold
|
Silver
|
Bronze
|
Penyandingan nama sponsor dengan kegiatan
|
V
|
-
|
-
|
-
|
Baligo ( 5 buah )
|
XL
|
L
|
M
|
S
|
Poster ( 2000 buah )
|
XL
|
L
|
M
|
S
|
Leaflet ( 10.000 buah )
|
XL
|
L
|
M
|
S
|
Tiket
|
XL
|
L
|
M
|
S
|
Kaos ( 1000 buah )
|
XL
|
L
|
M
|
S
|
ID Card
|
XL
|
L
|
M
|
S
|
Commercial break oleh MC
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Publikasi media pendukung
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Jingle perusahaan saat break
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Hak memberikan brosur
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Pendirian stand
|
Exclusif
|
Front gate
|
Inner area
|
Outer area
|
Pemasangan spanduk perusahaan
|
50
|
40
|
30
|
10
|
Publikasi on air
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Biaya
|
92.000.000
|
46.000.000
|
23.000.000
|
12.000.000
|
Tampilan seperti
ini akan lebih mudah untuk dipahami oleh pihak perusahaan, karena sederhana dan
juga tidak banyak menghabiskan waktu untuk membolak-balikan halaman.
Paket Sponsor
Ini adalah bagian
untuk menampilkan tawaran kerjasama yang bersifat lebih bebas dan biasanya
untuk jumlah yang kecil atau dibawah tawaran sponsorship bronze. Ini bisa
diajukan untuk perusahaan medioker, dimana ia akan mendapat kontrapertasi
sesuai dengan pilihan yang ia ajukan setelah di konversi dengan standar yang
kita ajukan. Sebagai contoh.
———paket
sponsor———
No
|
Kontrapertasi
|
Jumlah kerjasama
( Rupiah )
|
1
|
Baligo ( 5 buah
ukuran S )
|
5.000.0000
|
2
|
Poster ( 2000
buah ukuran S )
|
4.000.000
|
3
|
Leaflet ( 10.000
buah ukuran S )
|
4.000.000
|
4
|
Kaos ( 1000 buah
ukuran S )
|
3.000.000
|
5
|
Pemasangan
Spanduk dan umbul-umbul perusahaan ( 10 buah )
|
2.000.000
|
6
|
Pendirian stand
|
1.000.000
|
7
|
ID Card ( ukuran
S )
|
1.000.000
|
8
|
Tiket ( ukuran S
)
|
1.000.000
|
9
|
Jingle
perusahaan
|
500.000
|
Co-partnership
Ini merupakan
ajuan bentuk kerjasama yang bersifat lebih bebas dan sedikit terlepas dari
seputar media dan publikasi, bentuk kerjasam tambahan ditampilkan di bagian
ini, seperti pengadaan konsumsi panitia, barter promo, pemberian produk
perusahaan, kerjasama jasa perusahaan, pemberian bantuan sosial untuk acara
baksos, dan lainnya. Di bagian ini pula disampaikan bahwa bentuk kerjasama
lainnya dapat dibicarakan lebih lanjut dan panitia sangat senang dapat
berdiskusi dengan pihak perusahaan terkait kerjasama lain yang bisa dilakukan.
Penutup
Berisikan sebuah
harapan dan keyakinan panitia bahwa kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat
dan akan berhasil. Serta sebuah ucapan terima kasih kepada pembaca proposal.
Contact person
Berisikan alamat ,
email , dan nomor telepon yang bisa dihubungi terkait penindaklanjutan proposal
yang telah diajukan.Usahakan nomor handphone CP lebih dari satu orang dan
dengan provider yang berbeda.
Pengemasan
Dalam mengemas
proposal perlu direncanakan dengan baik agar menghasilkan yang terbaik pula.
Butuh modal yang cukup besar untuk mengemas proposal ini, tapi yakinlah ini
akan pula berdampak pada tingkat keberhasilan pemanfaatan proposal. Hanya ada
dua tips yang bisa saya berikan dalam mengemas proposal sponsorship, yakni eye catching dan mudah dibaca. Eye catching yang dimaksud
adalah unik, kreatif, dan membuat seseorang tertarik untuk membaca dan memilih
proposal Anda diantara tumpukan proposal yang diajukan. Mudah dibaca adalah,
komposisi tulisan dan warna membuat seseorang mudah membaca dan nyaman untuk
mengamati dan memahami isi proposal Anda. Komposisikan tulisan dan warna
sedemikan rupa, tambahkan gambar atau variasi tertentu yang menambah estetika
proposal.
Bentuk dari
proposal sendir sangat bervarian, saya pernah menemukan beberapa bentuk
proposal yang sangat unik, antara lain ;
1. Dikemas dalam kertas glossy dan tidak lebih dari 8 halaman. Proposal dibuat sedikit
lebar agar ukurannya tidak seperti kertas pada umumnya. Warna dibuat dengan
biru cerah yang menarik perhatian.
2. Dikemas dalam sebuah CD yang di programkan dengan software macromedia flashTM. Ini menimbulkan kesan high-tech dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas.
Dengan CD anda bisa mengemas isi tampilan lebih advance karena akan
ditampilkan di komputer, isi proposal juga bisa lebih banyak. Tambahkan profil
lembaga untuk meyakinkan pihak perusahaan.
3. Gulungan kain seperti pengumuman kerajaan masa lalu atau jurus rahasia
kungfu. Sebuah gulungan kain yang diikat dengan pita yang sangat cantik. Isi
proposal hanya pada sebuah kain atau kertas daur ulang yang sepanjang 40 – 50
cm saja. ini sangat membuat seseorang tertarik karena tampilan yang tidak
biasa, yakni seperti tabung lonjong. Sangat jauh berbeda dari proposal yang
pada umumnya.
4. Proposal berisikan kertas yang tidak dibukukan, beberapa lembar kertas
dimasukkan dalam sebuah kotak yang sangat estetis, kertas hanya berukuran A5
dan untuk membacanya seperti bermain kartu, dimana kita akan membacanya dengan
mengambil kertas satu persatu.
5. Proposal sederhana dengan bentuk bulat, kertas dipotong sehingga menjadi
lingkaran, dan dikemas dengan baik. Halaman depan dibuat pop up sehingga mnejadi
daya tarik tersendiri bagi proposal tersebut.
Variasi bentuk akan berkembang seiring waktu, semakin banyak seniman yang
pandai mengemas desain proposal yang menarik untuk dibaca. Disesuaikan pula
dengan budaya yang ada di daerah dan kemampuan dari SDM yang ada. Tetap
berpegang pada tips, menarik dan mudah dibaca dalam mengembangan inovasi bentuk
proposal.
jika anda butuh nomor togel 2D 3D 4D di jamin 100% tembus silahkan hub AKI DANU di nmr hp beliau 085-322-061-788 terimah kasih
BalasHapus