Semoga Hari ini pikiran kita lebih terbuka bagi jalan baru yang terang menuju keberhasilan kita. Aamiin (Dede Usman)

Tips Mengelola Karyawan (catatan hasil pertemuan dalam Pelatihan Bisnis di bank bjb)

Di akhir pertemuan coaching kemarin, ada beberapa catatan yang perlu saya catat, dan ini hanya sekedar untuk mengingatkan kepada diri saya aja, tapi kalau ada yang membutuhkan selain dari pada saya, Dengan senang hati saya persilakan, asal syaratnya doain saya menjadi orang sukses y... heeeee...



Ada sekitar enam tips yang sempat kemarin saya tulis, memang sedikit sih tipsnya, tapi mudah-mudahan bisa membantu kita dalam mengelola karyawan diperusahaan kita dengan baik y..
Karyawan dalam perusahaan kita adalah aset atau kata trainer saya mah nyebutnya 'Human Capital', tanpa karyawan mana mungkin perusahaan kita bisa berkembang, betul gak? heee kalau betul, berati gak salah kan....?

Biar gak panjang lebay, upss... maksud saya gk panjang lebar, langsung saja saya tuliskan tips tersebut, diantaranya :
  1. Tentukan Pembagian Kerja terhadap si karyawan, pasti udah tau maksunya kan? ya maksudnya biar karyawan kita tau tugas pekerjaannya apa?
  2. Tentukan Hak dan Kewajibannya, maksudnya ya hampir mirip dengan tips yang pertama, yakni agar kita sebagai bos perusahaan tau arti keseimbangan. ko Keseimbangan?  iya maksudnya agar si karyawan kita tidak merasa diberatkan dengan kewajiban-kewajibannya saja, melainkan terpenuhinya juga hak atas kinerjanya di perusahaan. seimbang Kan? ya wajib seimbang, kalau kata ustad mah "Adil" cenah.
  3. Berikan Karyawan KSA, KSA adalah adalah singkatan, seperti SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengan Pertama) dan singkatan-singkatan yang lainnya, terus klo KSA? iya KSA itu singkatan... heeeee, udah ah keburu emosi. KSA adalah singkatan dari K=Knowledge yaitu pengetahuan, S=Skill yaitu Keterampilan, dan A=Attitude yaitu sikap. Semoga tau maksudnya y... 
  4. Berikan kepada karyawan training, maksudnya yaitu berikan karyawan celana buat oleh raga, upsss... eta mah istilah training dilembur nya...? Training yang ini, meksudnya adalah Latihan, Karyawan kita wajib diberi pelatihan guna meningkatkan KSA... 
  5. Lakukan Controling kepada seluruh karyawan. Controling maksudnya yaitu berikan pengawasan terhadap karyawan supaya karyawan tetap pada jalur yang lurus, heeee mirip-mirip jalan tol y... banyak yang lurusnya...
  6. Perbaikan terus menerus, Ini mah maksudnya udah jelas y, intinya adalah terus lakukan yang terbaik dalam menjalankan usaha kita agar hasilnya juga baik..
Cukup sekian tipsnya, memang sedikit tapi semoga bermanfaat y... Aamiin, dang jangan lupa terus doain saya, jadi pengusaha sukses y... Aamiin

 Bersama trainer (pa Meriza dan pa Iwan)


#SalamPelangi





1 komentar:

  1. terima kasih telah berbagi mengenai tips dalam mengelola karyawan. Pengalaman memang guru yang paling berharga.

    BalasHapus

Komentar Anda